Ticker

6/recent/ticker-posts

Sekilas tentang Project Manager

Sebelum kita memasuki pembahasan beberapa hal perlu diketahui terlebih dahulu, diantaranya tentang project management dan sebuah project.


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay 

Project management adalah pengaplikasian dari pengetahuan, skill, tools dan teknik untuk memenuhi kebutuhan project dan mendapatkan hasil yang di inginkan.

Project management digunakan di berbagai jenis industri dan perusahaan. Project management juga tidak membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam.

Project management sangat penting bagi sebuah bisnis karena membantu memastikan sebuah project bisa berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan, baik berdasarkan waktu maupun anggaran.

Project adalah sebuah kegiatan yang unik dan biasanya mencakup serangkaian kegiatan khusus yang dikerjakan. Bersifat sementara, artinya ada waktu permulaan dan ada waktu penyelesaian.

Untuk mencapai output sebuah project, dibutuhkan kolaborasi, perencanaan yang cermat dan pengawasan agar sesuai dengan timeline dan anggaran yang ada.

Berdasarkan survey terbaru dari Project Management Institute

  • 48% project mengalami kesalahan pada waktu penyelesaian
  • 43% project mengalami kesalahan pada target budget
  • 31% project mengalami kegagalan untuk meraih tujuan organisasi

Seorang Project Manager biasanya melaksanakan proses yang melibatkan perencanaan dan pengorganisasian, mengelola tugas, pengendalian budget dan faktor-faktor lainnya. Semua yang dilakukan oleh seorang Project Manager adalah untuk memasikan project dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan anggaran. Terkadang, seorang project manager juga memastikan bahwa output project dapat memberikan value bagi perusahaan. Value yang dimaksud adalah project-project yang dibuat bisa memberikan nilai plus untuk perusahaan dapat berkembang.

Posting Komentar

0 Komentar