Ticker

6/recent/ticker-posts

Deskriptif Analitik

Deskriptif analitik adalah sebuah cara menghubungkan pasar dengan perusahaan melalui keputusan. Dengan kata lain, deskriptif analitik merupakan serangkaian informasi yang diperlukan untuk membuat sebuah keputusan yang dapat ditindaklanjuti.

Cara atau prinsip yang digunakan adalah Collecting and interpreting data. Poin perhatian terpentingnya adalah mengumpulkan data yang tepat.

Gambar oleh Mohamed Hassan dari Pixabay 


Analisa manajer terhadap marketnya

  1. Exploratory Research

Sebuah analisa yang didasarkan pada banyak kemungkinan dan bahkan dari kemungkinan yang tidak diketahui. Mencoba memahami sesuatu yang terjadi pada pasar berdasarkan eksplorasi dari berbagai kemungkinan.

e.g: Our sales are declining….why?

2. Descriptive research

Dasar analisa yang menggunakan deskripsi secara spesifik. Biasanya menggunakan model pertanyaan who, what, for and how.

e.g: What kinds of people are buying our products? who buys our competitors product?

3. Causal Research

Adalah serangkaian pertanyaan yang muncul karena analisa sebab-akibat. Jika ada suatu perubahan prodak, apakah akan mempengaruhi pelanggan? Jika ada perubahan metode pembayaran apakah akan mengganggu kebiasaan para pelanggan? dll.

Solusi

Solusi dalam memecahkan persoalan ini adalah dengan melakukan Fokus grup.

  • Kumpulkan 8-10 orang customer dalam 1 ruangan. Biasanya terdapat moderator untuk mengarahkan fokus bahasan.
  • Mulai membicarakan persepsi orang terhadap suatu merek (mencakup kelebihan, kekurangan, sentimen dsb.)
  • Biarkan diskusi mengalir apa adanya
  • Sebagai seorang brand manager, ambil poin penting yang dikemukakan oleh pelanggan.

Namun, di era digital saat ini sudah banyak tersedia layanan yang lebih sederhana dan efektif. Yaitu dengan cara membangun komunitas internet.

Internet Communities (MROC)

  • Tingkatkan engagement dengan pelanggan dari 6 bulan sampai 1 tahun. Tingkatkan keterlibatan pelanggan terhadap langkah yang diambil perusahaan dalam mengeksekusi sebuah prodak.
  • Memungkinkan dibuat dalam waktu yang lebih singkat
  • Buatlah “AHA” moment, yaitu sebuah inovasi atau gebrakan yang bisa memberikan solusi kepada persoalan atau keinginan pelanggan secara tidak diduga-duga.

Posting Komentar

0 Komentar