Ticker

6/recent/ticker-posts

Descriptive Data Collection-survey

Pengumpulan data deskriptif



Pengumpulan data deskriptif adalah cara untuk memahami calon pelanggan menggunakan berbagai data untuk ditafsirkan. Misalnya, siapa pelanggan kita? dan semua jenis pertanyaan dimana kita harus memiliki angka dan data yang sulit terlebih dahulu untuk menjawabnya. Pengumpulan data deskriptif Ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui data aktif dan data pasif.

  1. Pengumpulan data aktif
  • Survey

Teknik survey banyak digunakan oleh perusahaan. Biasanya mengumpulkan data sikap pelanggan, sentimen pelanggan, kebiasaan membeli, dan banyak hal lain yang dikumpulkan secara akif melalui survey. Data survey dapat membantu untuk menentukan segmentasi pasar.

Beberapa perusahaan pihak ketiga yang menyediakan layanan survey adalah Qualticz dan Survey Monkey.

Mobile Survey

Menggunakan metode survey mobile merupakan suatu keuntungan di era digital ini. Dengan mengirimkan beberapa survey kecil sebelum pelanggan melakukan pembelian, ini dapat melihat kecenderungan minat konsumen bahkan untuk 1 bulan kedepan.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan survey

  1. Jenis pertanyaan
  • Item-Category

e.g: Seberapa puaskah anda dengan rencana asuransi kesehatan anda?

buat pilihan dengan: Very, quite, neither, quite dis, very dis.

Bisa diperhatikan bahwa cakupan pertanyaan surveynya cukup jelas. dengan keseimbangan jawaban yang jelas juga (antara yang disukai dan tidak disukai (Terdapat opsi tengah-tengah)).

Kekurangan dari jenis pertanyaan ini adalah seringnya terjadi kekeliruan diantara konsumen perihal asuransi yang digunakan maupun masa aktif asuransi yang digunakan.

  • Comparative

Yaitu membandingkan dua objek

e.g: Dalam memberikan pelayanan, klinik swasta lebih mengedepankan kualitas dibandingkan rumah sakit daerah?

Buat pilihan dengan: Very inferior, neither inferior/superior, very superior

Pada jenis pertanyaan survey ini, kekurangan yang terjadi adalah kehilangan banyak data informasi dari konsumen.

  • Ranks

Yaitu sebuah pertanyaan dengan perintah untuk mengurutkan dari-ke

Kekurangannya adalah terlalu banyak hal yang perlu dibandingkan, sehingga merusak konsentrasi dan objektifitas konsumen terhadap pilihan. Kemungkinan yang terjadi adalah konsumen hanya mementingkan peringkat 1-3, tetapi tidak begitu memperhatikan peringkat setelahnya.

  • Paired comparison

Yaitu membandingkan 2 hal secara apple to apple.

Kekurangannya adalah terlalu memaksa responden untuk memilih salah satu prodak. Sehingga surveyor tidak bisa mengetahui detail apa yang dijadikan pertimbangan.

  • Likert

Skala likert berbentuk form horizontal dengan beberapa statement pertanyan dan jawaban (Yang paling disukai - yang paling tidak disukai)

  • Continuous

Biasanya berbentuk garis dengan tanda panah atau ikon yang bisa digeser.

Tipe survey ini memiliki kekurangan karena tidak begitu mengetahui minat dan alasan responden secara spesifik.

    2. Bagaimana agar pengumpulan data dapat benar-benar berguna? (Validitas dan reliabilitas)

        Bagaimana pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada sebuah survey dapat bekerja dengan baik?

  • Validitas

Bahwa data yang dikumpulkan sesuai dengan responden dalam kondisi yang sesungguhnya dan bisa memprediksi secara tepat.

  • Reliabilitas

Yaitu melakukan pengukuran/pengecekan ulang terhadap data-data yang dikumpulkan. Apakah dari tiap test-retest memiliki hasil yang stabil? atau cenderung memiliki banyak perubahan? Ini harus benar-benar bisa dipastikan dengan baik untuk menghindari kesalahan dan meningkatkan akurasi data.

Posting Komentar

0 Komentar