Core skills of project manager
- Enabling decision making
Kemampuan untuk membuat keputusan dalam seuah tim, atau mengumpulkan keputusan dari leader yang tepat, merupakan hal yang krusial untuk menjaga project tetap sesuai task dan bisa mencapai goalsnya.
- Communicating and escalating
Documenting bagi seorang PM termsuk kepada documenting plans, mengirim email tentang status project, atau melakukan meeting untuk eskalasi risiko atau issue ke stakeholder.
- Flexibility
Sebagai seorang project manager, mengetahui kapan sesuatu harus diubah karena kebutuhan merupakan sebuah kunci. Even dengan careful upfront planning.
- Strong organizational skills
Role seorang project managers menghadapi banyak proses yang berbeda untuk menjaga project tetap on track. Memiliki kemampuan organisasi yang baik berarti memiliki kemampuan untuk mengatur proses dan elemen inti dari project untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan atau overlooked.
Image by Gerd Altmann from Pixabay |
Beberapa skill yang menjadi familiar dalam industry knowledge yang diterapkan pada kebanyakan PM roles.
- Tools
Berupa metode maupun software yang digunakan untuk melakukan assist sebagai seorang project manager
- Templates
- Project management styles; Waterfall dan agile, bisa membantu organize dan mendokumentasikan project melalui keseluruhan lifecycle nya
Key Point project manager and responsibilities
Tanggung jawab seorang PM biasanya meliputi:
1. Planning dan organizing
- Menggunakan productivity tools dan menciptakan proses yang efektif dan efisien
- Membuat plans, timelines, schedules dan bentuk dokumentasi lainnya untuk melakukan tracking penyelesaian project. Seluruh dokumentasi dalam project harus bisa di maintain selama project berlangsung, untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan termonitor dengan baik.
2. Managing task
Project task adalah sebuah aktivitas yang butuh diselesaikan dengan set periode waktu berdasarkan PM, team ataupun stakeholder.
3. Budgeting dan controlling costs dan faktor lain. Sehingga project dapat diselesaikan dengan budget dan waktu yang sesuai.
- Monitor dan manage budget
- Track issues dan risiko
- Manage quality
- Remove unforeseen barriers
Value of project managers
Shepherd project dari saat memulai hingga selesai dan serve sebagai pemandu untuk timnya. Dengan menggunakan impeccable organitational dan interpersonal skills di setiap langkah.
Seorang project managers mampu memberikan dampak value untuk tim dan organisasinya berdasarkan prrioritas yang meliputi:
1. Prioritazion
Project managers menambahkan valua ke tim dan organisasinya melalui prioritas yang efektif dari tugas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project
Soerang project managers mampu membantu member timnya untuk mengidentifikasi dan breakdown tugas yang besar ke langkah-langkah kecil. Goals yang ingin dicapai mampu diuraikan secara mendetail dari tahap persiapan, pengerjaan hingga pasca penyelesaian. dari tiap tahapan yang dilalui, diuraikan berdasarkan prioritas nya masing-masing terhadap kebutuhan dalam projectnya.
2. Delegation
Project managers menggunakan delegasi untuk add value ke tim dan organisasinya berdasarkan kecocokan tugas ke individu yang bisa dengan baik menyelesaikan pekerjaan.
3. Effective communication
Project managers deliver value melalui komunikasi yang efektif, baik untuk timnya maupun stakeholders kunci. Ini merujuk kepada transparansi, yang mana dinaksud adalah menjadi yang terdepan dalam perencanaan dan ide, dan membuatnya menjadi informasi yang readily available.
Hal ini karena seorang project managers harus tetap menjaga contact dengan timnya mengenai progres pekerjaan dan membantu mengidentifikasi area dimana rekan tim mungkin membutuhkan support.
0 Komentar